22 DPD PAN se-NTT Rekomendasikan Tiga Capres, Erick Thohir Menguat, Awang : DPW Dukung Usulan DPD

22 DPD PAN se-NTT Rekomendasikan Tiga Capres, Erick Thohir Menguat, Awang : DPW Dukung Usulan DPD

KUPANG, Media Kota News.com – Usai menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan penjaringan Calon Presiden Tahun 2024, sebanyak 22 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) se Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengusulkan tiga nama calon presiden ke DPW PAN NTT..

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN NTT, Awang Notoprawiro saat dihubungi wartawan di Rumah DPW PAN NTT, Sabtu (02/07/2022) malam mengatakan, berdasarkan laporan hasil Rakerda 22 DPD PAN se NTT yang diterima, terdapat tiga nama Capres yang direkomendasikan.

Ia menyebutkan, tiga Capres yang direkomendasikan 22 DPD PAN se NTT diantaranya Menteri BUMN, Erick Thohir,  mendapat dukungan terbanyak, ada juga Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Usulan 22 DPD PAN se-NTT, Awang mengaku DPW PAN NTT sejalan dengan rekomendasi yang disodorkan DPD. Sebab menurutnya, usulan yang disampaikan berdasarkan proses penjaringan di tingkat akar rumput.

“Pada prinsipnya DPW mendukung seluruh usulan dari 22 DPD sebab tiga nama Capres yang diusul ini terlahir karena DPD-DPD dan tentunya bersentuhan langsung dengan tokoh masyarakat dan konstituennya di lingkungan masing masing. Berdasarkan itu mereka mengajukan usulan ke DPW. Khusus untuk Calon Wakil Presiden forum Rakerda 22 DPD tersebut menyerahkannya ke Ketua Umum untuk menentukannya," kata Awang. 

Pria yang juga dijagokan DPD PAN se-NTT untuk menjadi anggota DPR RI pada Pemilu 2024 mendatang ini mengatakan, hasil penjaringan atau usulan DPD itu akan disampaikan dalam Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) PAN NTT yang akan digelar dalam waktu dekat ini. Sementara pengumuman capres yang akan diusung PAN, baru akan dilakukan pada Rakernas Agustus mendatang.

"Pada Rakerwil nantinya kita akan mendetailkan usulan Capres DPW PAN NTT. Tetapi pada prinsipnya kita sejalan dan mendukung usulan tiga nama Capres dari 22 DPD PAN se-NTT,” katanya.

Ia menambahkan nama-nama yang diusulkan tersebut memiliki rekam jejak yang baik di mata masyarakat. Dalam proses pemilihan, ada sejumlah kriteria yang memiliki nilai tinggi hingga mengerucut pada nama tersebut.

Kriteria tersebut, antara lain nasionalis-religius, rekam jejak kepemimpinan yang kuat dan berpihak pada kelanjutan generasi. Kemudian, dua kriteria lainnya adalah memiliki semangat inovasi dan kolaborasi.

"Satu kriteria lagi yaitu berwawasan nusantara dan berperspektif global. Nama-nama yang kami usulkan ini semuanya sesuai dengan kriteria tersebut. Alasan kami sangat kuat untuk memutuskan," pungkasnya.

Kepada wartawan, ia juga mengapresiasi partisipasi kader, simpatisan dan pengurus PAN yang proaktif menyukseskan agenda politik pemenangan PAN kedepannya.

"Suksesi rakerda adalah sinyal loyalitas masyarakat PAN di daerah. Ini adalah modal awal, untuk menstimulasi kekuatan mesin partai yang power full, karena didapat dari proses bottom-up yang akan mengerucut pada sikap piramida partai. Jelas langkah politiknya. Kokoh kuda-kuda partainya. Insya Allah, fokus melangkah kedePAN selalu ada haraPAN di dalam PAN," ujarnya. 

Menurutnya, soliditas intern menjadi salah satu kunci kekuatan partai. Ia mengatakan, hasil keputusan politik di setiap rakerda, akan menjadi estafet sikap partai secara berjenjang, hingga menjadi sikap Partai Amanat Nasional di tingkat pusat nantinya. 

"Tidak ada haraPAN, tanpa konsistensi dan disetiap konsistensi, pasti ada haraPAN," ungkapnya.(R1)

Tags

Top Post Ad

Copyright © 2022 By Media Kota News.com | Powered and Design By Media Kota News.com